Punggahan Menyambut Ramadhan 2023 M

Event,Kabar Berita

Rabat, 19 Maret 2023 - Menjadi momen yang sangat syahdu dikala para WNI (warga negara Indonesia) baik yang sedang bekerja maupun belajar diluar negeri yang tentunya sangat jauh dari tanah air.
Nuansa adat menyambut Ramadhan setiap daerah yang beragam, sehingga KBRI Rabat berinisiatif untuk mengadakan acara tarhib Ramadhan yang bertempat di wisma KBRI Rabat, yang kali ini bapak Dubes Luar Biasa Berkuasa Penuh Kerajaan Maroko dan Republik Islam Mauritania bapak Drs. H. Hasrul Azwar M.M. mengundang secara terbuka untuk WNI yang menetap di Maroko untuk mengikuti acara Tarhib Ramadhan kali ini, sebagaimana sambutannya "kita yang hadir disini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yang dimana tak luput dari setiap daerah itu mempunyai corak khas dalam menyambut Ramadhan yang hal ini bisa di istilahkan Islam Nusantara''.


Aceh mempunyai tradisi meugang dimana banyak dari masyarakat membeli daging dan memasaknya yang kemudian dibagikan kepada kerabat, tetangga, teman kerja dsb.
Sumatra barat mempunyai tradisi malamang dimana kaum ibu-ibu memasak lemang yaitu makanan dari beras ketan yang dimasak dalam bambu beralas daun pisang, yang pada saat matang akan disantap ramai-ramai sekampung.
yang menjadi pertanyaan, sambut beliau kenapa orang Indonesia sangat antusias dan begitu heboh menyambut bulan Ramadhan ? jawab beliau karena saking mulianya bulan ini dimana dosa-dosa yang telah lalu bisa diampuni dibulan ini menukil hadits Rasulullah Saw:
من صام رمضان إيمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه
Nabi Muhammad Saw bersabda, "barang siapa yang puasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan ampunan Allah SWT maka akan diampuni dosa-dosanya dimasa lalu''.

acara dibuka dengan penampilan shalawat dan Hadroh dari Al Jauhar group yang beranggotakan teman-teman PPI Maroko.

Bapak Dr. KH Ahmad Amir Firmansyah, Lc. M.THI yang baru saja melaksanakan sidang disertasinya dan mempertahankannya selama 4 jam di hadapan para penguji di universitas Hassan ll ain chock Casablanca dengan nilai Summa Cumlaude, beliau memberikan tausiah dan mauidhoh untuk para hadirin acara tarhib ramadhan bahwa puncak dari pada puasa Ramadhan adalah laallakum tattaqun. kemudian ditutup dengan Do'a yang dipimpin oleh Subhan Ghazaly Lc. M.A.

yang kemudian acara dilanjutkan dengan sholat Dzuhur berjamaah dan ramah tamah yang harapannya semoga segenap staff KBRI dan WNI yang ada di Maroko memasuki bulan suci Ramadhan dengan hati yang lapang.

Dan di akhir acara Ayahanda Hasrul Azwar memanggil dan meperkenalkan para anggota TP PPIH yang lulus seleksi pada tahun ini berjumlah 7 orang, dan KBRI Rabat mengajukan permintaan untuk menambah jatah 1 kuota lagi dan alhamdulillah itu di kabulkan oleh KJRI Jeddah, dan Para anggota TP PPIH tahun ini yang akan, menjadi delegasi KBRI Rabat untuk bertugas di Musim Haji 1444 H tahun ini.

Oleh : Jundi Abdurrahman (Humas PPI Maroko)

Saksikan video-video keseruan even PPI Maroko di Youtube PPI Maroko

Jangan lupa mampir ke koleksi buku- buku dan kitab-kitab di Perpustakaan PPI Maroko dan download langsung PDF nya

Tag Post :
Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Populer