Sekelumit Sejarah Maulid Dhiyaul Lami’

Adh-Dhiyaul lami’ artinya cahaya yang terang benderang. Kitab ini dikarang oleh Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz pada tahun 1994 di kota Syihr dekat Mukalla, Yaman.

Adh-Dhiyaul lami’ adalah salah satu kitab maulid yang masyhur di Indonesia. Inilah kitab maulid terakhir yang penyusunnya masih dapat kita jumpai untuk dimintai ijazah, atau bisa juga ijazah dari murid-murid beliau, seperti Al-Habib Jindan bin Novel dan Al-Habib Ahmad bin Novel.

Habib Umar bin Hafidz memiliki keahlian bahasa yang dipadu dengan kekuatan ruh di dalam makrifat. Dari ribuan syair yang ditulis beliau Adh-Dhiyaul lami’ adalah satu diantaranya. Habib Umar mampu menuliskan hampir lengkap dari sejarah Rasulullah Saw. Mulai dari masa lahir, bulan, tahun, masa perjuangan di Makkah dan Madinah, bahkan jumlah peperangan. Semua dimuat di dalam kitab Maulid Dhiyaul lami’ dengan kodifikasi-kodifikasi mungkin belum kita pahami.

Malam itu, Habib Umar bin Hafidz memanggil muridnya lalu berkata: “Bawakan kertas, kemudian tulislah”. Habib Umar kemudian melantunkan syair-syair yang akan menjadi kitab Maulid Dhiyaul lami’ tersebut. Dan sekitar sepertiga malam terakhir seluruh kitab Maulid Dhiyaul lami’ sudah selesai.

Maulid Adh-Dhiyaul lami’ dikenal sangat mulia karena angka-angkanya pun menuliskan sejarah Rasulullah Saw. Seperti bait-bait sholawat pembukanya yang berjumlah 12, melambangkan kelahiran Rasulullah. yang lahir pada 12 Rabi’ul Awwal. Lalu di pasal pertama Maulid ini dipadu dengan 3 surah, yaitu al-Fath, at-Taubah, dan al-Ahzab. Tiga surah ini melambangkan kelahiran Rasulullah Saw yaitu pada bulan ke-3, Rabi’ul Awwal. Dan apabila dihitung baitnya dari pasal pertama sampai bait Mahallul Qiyam jumlahnya 63, melambangkan usia Rasulullah Saw ketika wafat. Dikatakan pula oleh murid Habib Umar bin Hafidz, “Banyak para jama’ah bahkan murid Habib Umar bin Hafidz yang bermimpi melihat Ahlu Badr, Ahlu Uhud, bahkan para nabi yang hadir di majelis Adh-Dhiyaul lami”.

jangan lupa mampir ke koleksi buku- buku dan kitab-kitab di Perpustakaan PPI Maroko dan download langsung PDF nya : https://ppimaroko.or.id/perpustakaan/

https://www.youtube.com/@PPIMarokoOfficial

Tag Post :
Minggu-an Menulis

Bagikan Artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Populer