Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bersama Prof. Hamka

Kabar Berita,Ke-PPI-an

Departemen Pendidikan PPI Maroko pada Ahad, 15 Oktober 2023 mengadakan Workshop Penulisan Karya Ilmiah dengan pemateri Prof. Dr. Hasan Hamka, Lc., MA yang saat itu tengah berkunjung ke Maroko. Beliau merupakan guru besar bidang Ilmu Tafsir UIN Jakarta. Workshop ini diadakan secara luring di Sekretariat PPI Maroko dan juga daring melalui live Instagram PPI Maroko pukul 10.00 GMT+1. Workshop ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan untuk membantu warga PPI Maroko dalam meningkatkan kemampuannya dalam penulisan karya ilmiah.

Acara dibuka dengan pembukaan dan sambutan oleh Ketua PPI Maroko, Ahmad Dailami Fadhil, Lc. Dalam sambutannya, Dailami menyoroti kelemahan serta kurangnya ketertarikan mahasiswa di Timur Tengah dalam bidang penullisan karya ilmiah. Ia berharap dengan diadakannya workshop kepenulisan ini, dapat menjadi jalan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan serta meningkatkan kemampuannya dalam bidang kepenulisan dan penelitian, terlebih lagi penulisan karya ilmiah yang notabene menjadi syarat kelulusan di tiap jenjang pendidikan sarjana, magister, dan doktoral.

Workshop diadakan dalam dua sesi. Pada sesi pertama, Prof. Hamka memfokuskan pembahasan pada kiat-kiat dalam menyusun sebuah penelitian.  Tentu sebagai seorang peneliti, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan objek dari sebuah penelitian. Beliau menyampaikan bahwa menentukan objek penelitian mencari hal yang muluk-muluk. Objek penelitian dapat kita temukan melalui mata kuliah yang kita pelajari di kampus. Dengan itu, kita tidak perlu repot-repot mempelajari objek baru yang mana hal itu akan memakan waktu kita dalam melakukan penelitian. Setiap mata kuliah yang ada dapat dikembangkan menjadi sebuah judul penelitian. Kita menentukan dahulu mata kuliah apa yang ingin kita kembangkan menjadi sebuah penelitian, barulah kemudian kita mempersempit pembahasan yang kita ambil.

Setelah menentukan objek dari sebuah penelitian, seorang peneliti dapat memulai penelitian untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah tulisan. Dalam workshop ini, Prof. Hamka juga menyampaikan bagaimana kiat-kiat mengembangkan setiap alinea dalam penelitian dengan langsung mengambil contoh langsung dari hasil penelitian beliau. Hal ini memudahkan kita dalam mengembangkan tulisan.

Dalam sesi kedua, Prof. Hamka menampilkan contoh penelitian yang sudah beliau lakukan. Kemudian memaparkan bagaimana cara beliau mengembangkan sub tema sesuai dengan judul yang dipilih. Beliau melanjutkan dengan sisi yang lebih detail dengan memaparkan bagaimana beliau mengembangkan paragraf demi paragraf. Lebih lanjut lagi, beliau membuka kesempatan kepada peserta yang hadir untuk menampilkan tulisannya. Beliau memberikan masukan-masukan untuk pengembangan penelitian. Bahkan, Prof. Hamka juga bersedia untuk melaksanakan bimbingan daring bagi mahasiswa yang ingin menulis tesis. Beliau juga siap membantu untuk mengembangkan tesis yang sudah dituliskan menjadi sebuah jurnal ilmiah.

Pada sesi tanya jawab, salah satu mahasiswa yang hadir menanyakan apa tips yang dapat diterapkan bagi para mahasiswa agar tidak butuh waktu lama dalam menulis. Prof. Hamka mengarahkan untuk mulai menulis dari bagian yang kita rasa mudah. Ketika kita mengalami kebuntuan di satu sub bagian, jangan berlarut-larut di sana, kerjakan sub yang lain, baru kemudian dilanjutkan dengan sub bagian yang dirasa sulit itu.

Setelah rangkaian acara selesai, workshop ditutup dengan foto dan makan bersama di Sekretariat PPI Maroko.

28 Oktober 2023

Departemen Pendidikan PPI Maroko

Nantikan promo-promo menarik di PPI Shop

Dapatkan Info-info terkini dari PPI Maroko

Tag Post :
Berita
Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Populer