Orientasi Mahasiswa Baru Jalur Kemenag 2023

Kabar Berita,Ke-PPI-an

Acara wajib yang diikuti oleh para mahasiswa Indonesia ketika datang di Maroko adalah Orientasi Mahasiswa Baru (ORMABA). Kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan mahasiswa tentang ke-Maroko-an, Sejarah, lembaga-lembaga pemerintahan dan keagamaan di Maroko. Kegiatan ORMABA kali ini dilaksanakan selama 4 hari, dimulai pada hari Selasa, 10 Oktober 2023 sampai dengan Jum'at, 13 Oktober 2023 yang berpusat di Sekretariat PPI Maroko dan tempat kunjungan lain, seperti Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Maroko, AMCI, Majelis Ilmi Maroko, Tour Hassan, dan Kasbah Oudaya.

Kedatangan mahasiswa baru jalur Kementerian Agama 2023 yang berjumlah 29 orang yang tersebar di kota Fes, Tetouan, dan Kenitra dijadwalkan sampai pada pukul 08.00 GMT+1 di tanggal 10 Oktober 2023. Mahasiswa dijemput langsung oleh perwakilan pengurus PPI Maroko sebagai pembimbing ketika sampai di kantor AMCI untuk mengurus berkas kedatangan yang diperlukan, seperti rukshoh dan bitoqoh AMCI (kartu AMCI).

Selesai pemberkasan di AMCI, mahasiswa diarahkan menuju Sekretariat PPI Maroko di Rabat untuk membuka kegiatan ORMABA 2023. Pembukaan dipimpin langsung oleh Ketua PPI Maroko, saudara Ahmad Dailami Fadhil, Lc. Acara dilanjutkan dengan makan malam bersama dan penyampaian rangkaian kegiatan acara ORMABA 2023 yang disampaikan oleh Ketua bagian acara, saudara Khairul Hamim Muhammad Juwaini secara jelas dan padat. Acara ditutup dengan do’a bersama dan mahasiswa dipersilahkan untuk menuju rumah sewa.

Acara hari kedua dimulai pada pukul 08.00 GMT+1 dengan penyampaian materi ke-PPI-an disertai materi ke-Maroko-an disampaikan oleh Ketua PPI Maroko, saudara Ahmad Dailami Fadhil, Lc. Materi yang disampaikan secara sederhana dan singkat oleh Ketua PPI Maroko disambut meriah oleh mahasiswa baru. Materi kedua, yaitu pengenalan qiraat warsy, yaitu qiraat termasyhur di Maroko yang disampaikan oleh Taqiyuddin Akram, mahasiswa Indonesia di kota Fes. Penyampaian materi pengenalan minat dan bakat yang disampaikan oleh masing-masing divisi di Kabinet CAKEP, yaitu divisi Pendidikan, ORSENI, dan MI menempati materi ketiga.

Tepat pada pukul 13.35 GMT+1 mahasiswa diarahkan menuju KBRI Rabat selepas Sholat Dzuhur dan makan siang bersama untuk melaksanakan audiensi bersama Bapak Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Maroko merangkap Republik Islam Mauritania Drs. H. Hasrul Azwar, M.M.Audiensi dilaksanakan pada pukul 14.05 hingga 17.05 GMT+1. Acara dilanjutkan dengan Penyampaian sosialisasi Pemilu oleh PPLN Rabat hingga pukul 17.35. Setelah rangkaian acara di KBRI Rabat usai, mahasiswa kembali menuju Sekretariat PPI Maroko untuk melanjutkan materi pengenalan PCINU dan PCIM yang disampaikan oleh pengurus PCINU dan PCIM Kerajaan Maroko. Lalu acara selanjutnya yaitu materi Bahasa Darijah dan Prancis yang diampu oleh Nayef Rouchef Amal, Mahasiswa Indonesia di kota Kenitra. Selepas materi disampaikan dan dilanjutkan dengan makan bersama, mahasiswa dipersilakan untuk istirahat di rumah sewa masing-masing.

Pada hari Kamis, 12 Oktober 2023 mahasiswa baru mengikuti kunjungan menuju Majelis Ilmi Maroko pada pukul 08.30 hingga 13.00 GMT+1. Setelah menemui ulama-ulama Maroko, mahasiswa baru menggunjungi Museum Kasbah Oudaya dan Tour Hassan sebagai destinasi wisata dan sejarah di Maroko. Mahasiswa baru mengenal kebudayaan Maroko melalui peninggalan-peninggalan sejarah di Museum tersebut. Mahasiswa baru kembali menuju sekretariat PPI Maroko pada pukul 17.30 GMT+1 untuk mengikuti acara Khataman Kitab bersama Syeikh Al-Faqih Abdullah Rois As-Sousi, Mudir Madrasah Atiqah di Ikdi.

Di hari terakhir ORMABA, mahasiswa baru mengeluarkan bakat dan minatnya dalam acara olahraga bersama di GOR Rabat pada pukul 08.00 hingga 12.00 GMT+1 dan dilanjutkan dengan persiapan Sholat Jum’at di Masjid dekat GOR. Selepas sholat Jum’at, mahasiswa makan bersama dan beristirahat di Sekretariat PPI Maroko sebelum mengikuti acara games pada pukul 16.45 selesai Sholat Ashar. Acara games yang dikomandoi oleh divisiolahraga dan acara diikuti dengan gembira dan penuh semangat oleh mahasiswa baru. Di akhir acara mahasiswa memperiapkan penampilan untuk acara penutupan ORMABA 2023 di malam harinya.

Pada pukul 19.00 GMT+1 acara penutupan ORMABA 2023 dilaksanakan di Rooftop Sekretariat PPI Maroko dengan sederhana dan meriah. Mahasiswa baru menunjukan penampilan yang kreatif dan aktif. Panitia menyiapkan hadiah bagi para penampil terbaik dan pemenang lomba games. Di akhir acara penutupan, mahasiswa baru menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan ORMABA 2023 yang begitu padat namun bermutu, serta berterima kasih kepada kakak-kaka panitia. Setelah acara penutupan berlangsung, Pengurus Div. Humas mengumumkan tanggal kepulangan mahasiswa baru ke kota masing-masing dilanjutkan dengan makan bersama. Kesuksesan acara ORMABA 2023 tidak terlepas dari kegigihan dan keaktifan jajaran panitia ORMABA 2023 kali ini.

Dept. Humas PPI Maroko

25 November 2023

Nantikan promo-promo menarik di PPI Shop

Dapatkan Info-info terkini dari PPI Maroko

Tag Post :
Aktivitas,Berita
Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Populer